6 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Anda

Satu kantung darah merupakan nyawa bagi penerimanya. Tidak hanya WHO (World Health Organization) yang berkampanye agar orang bersedia mendonorkan darahnya, tetapi organisasi lokal, PMI (Palang Merah Indonesia) dan Bulan Sabit gencar dan menyediakan fasilitas donor.
Dibalik kedermawaan kita menyumbang darah ternyata ada manfaat lain untuk kesehatan bagi pendonor yang rutin melaksanakan kebaikan ini.
Berikut 6 manfaat donor darah untuk Anda:

  1. Mengurangi risiko terkena kanker
    Donor darah berarti kita kehilangan darah dalam julah tertentu dan beberapa zat pun turut berkurang seperti zat besi. Penurunan kadar zat besi mampu mengurangi risiko terkena kanker.
  2. Mengurangi risiko terkena gangguan hati dan pankreas
    Kadar zat besi yang tinggi bisa terakumulasi menjadi racun bagi hati dan pankreas.
  3. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
    Kadar zat besi telah lama diketahui meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Dikarenakan kelebihan mineral ini dapat menyebabkan pengentalan darah yang membuat jantung bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  4. Melancarkan sirkulasi darah
    Kegiatan urtin ini dapat mencegah penyumbatan arteri dan kerusakan pembuluh darah.
  5. Produksi darah baru
    Tubuh secara otomatis teransang untuk memproduksi darah baru.
  6. Menurunkan berat badan
    Donor darah diyakini mampu membakar kalori ekstra yang berdampak menurunkan berat badan sehingga terhindari dari penyakit obesitas.

Sekarang, waktu Anda merencanakan waktu donor darah yang terbaik dan melakukannya secara rutin. Namun ada baiknya konsulatiskan terlebih dahulu ke dokter Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*