8 Cara Kendalikan Gula Darah

periksa gula darah

Barry Braun, Ph.D., profesor kinesiologi asal Universitas Masscachusetts memberikan tips seputar cara kendalikan gula darah. Dimana kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe-2. Penyakit gula yang terus mengikuti selama hidup disamping akumulasinya dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
Atur kadar gula Anda dengan 8 cara kendalikan gula dara berikut dibawah ini.

  1. Exercise dengan teratur
    Lakukan latihan 20 hingga 30 menit setiap hari. DIperlukan beberapa hari exercise terjawab dan makan yang buruk unuk memperburuk resitensi insulin.
  2. Manfaatkan Keistimewaan kayu manis
    Kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan mengkonsumsi kayu manis akan membuat tubuh Anda membutuhkan sedikit saja hormon insulin untuk menjaga kadar gula agar tetap normal.
  3. Asuplah Asam Alpha Linolic
    Konsumsi sebanyak 300 miligram dua kali sehari ketika kadar gula sedang naik. Suplemen ini banyak diresepkan oleh dokter di Eropa.
  4. Kurangi minuman manis
    Sebaiknya kurangi minum minuman manis seperti banyak yang dijual di supermarket. Berdasarkan hasil riset Univesity of Massachusetts, olahraga yang membakar 500 kalori dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 40 persen.
  5. Punyai Alat monitor gula darah pribadi
    Dengan mempunyai alat monitor, Anda dapat mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa menyebabkan naiknya gula darah.
  6. Kunyah biji labu atau bunga matahari untuk camilan
    Kwaci biji labu atau bunga matahari mengadung kaya magnesium yang dapat melawan resitensi insulin.
  7. Makan teratur setiap 2-3 jam
    Dorongan rasa lapar yang luar biasa dapat membuat seseorang makan dengan porsi besar. Dengan mengatur pola makan teratur setiap 2-3 jam malah dapat membuat Anda mengendalikan rasa lapar sehingga takaran makan menjadi tidak banyak.
  8. Bagi pengidap hipertensi
    Lakukan konsultasi dektor bagi pengidap hipertensi yang mengonsumsi thiazide diuretik. Apakh dimungkinkan untuk beralih ke ACE inhibitor. Dalam jurnal Hypertension 2006, menemukan hubungan antara kadar kalium rendah dengan peningkatan glukosa darah akibat konsumsi obat diuretik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*