Dapoer Koneng, Resto Indonesia di Jepang dengan Atmosphere Asli Nusantara

Ogahdiem.com, Jepang | Cita rasa bumbu khas nusantara memang diakui kelezatannya di seluruh dunia. Bahkan, nasi goreng, rendang, dan sate dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Alhasil, masakan Indonesia mudah ditemui di berbagai belahan dunia. Beberapa masyarakat Indonesia yang berdomisili di luar negeri pun membuka bisnis kuliner dengan racikan khas nusantara.

Sate
Daftart Menu Dopoer Koneng (Foto : Ogahdiem.com)

Salah satunya adalah Dapoer Koneng (Dapkon). Resto yang berlokasi di Kanagawa ken, Yokohama shi, Kanagawa ku 1-5-17 Tammachi
Road Cross build 4F, Yokohama, Jepang, ini menyajikan berbagai menu khas nusantara, seperti bebek goreng, bebek bakar, ayam goreng dan bakar, nasi goreng, mie goreng, bakso, mie ayam, sate ayam dan kambing, tongseng, gulai, kambing, soto betawi, soto mie, gudeg, nasi padang serta masakan khas nusantara lainnya.

Dibanding resto-resto Indonesia di Jepang, keunggulan dari Resto Dapoer Koneng adalah semua menunya diracik dengan bumbu bercita rasa asli Indonesia.

“Di Jepang memang banyak resto Indonesia, tapi rasanya hanya disesuaikan dengan lidah orang Jepang. Jadi buat orang Indonesia engga cocok. Saat itu saya berpikir, kenapa engga ada orang Indonesia yang berani buka resto dengan rasa orisinil nusantara yang cocok buat lidah orang Indonesia dan juga orang Jepang,” ujar Endah Soetedjo pemilik Dapoer Koeneng saat dihubungi Ogahdiem.com lewat sambungan telepom, Kamis (14/9).

Terinspirasi dengan ide tersebut, di akhir tahun 2015, Endah pun memberanikan diri membuka resto Indonesia dengan cita rasa orisinil nusantara berlabel ‘Dapoer Koneng”.

Alhasil, berjalan tiga tahun, respon para pengunjung sangat positif saat menyantap hidangan di resto tersebut. Tak hanya warga Indonesia yang tinggal di Jepang, orang-orang asli Jepang juga suka dengan cita rasa masakan nusantara racikan Dapoer Koneng.

“Di Dapoer Koneng, orang-orang Jepang malah suka rasa pedas sambel terasi khas nusantara,” kata Endah yang bersuamikan warga Jepang bernama Hikonojo Miyoshi.

Lanjut Endah, Dapoer Koneng tak sekedar rumah makan, namun juga menjadi tempat pengobat kangen bagi warga Jepang yang pernah tinggal di Indonesia.

“Disini (Dapkon), warga Jepang tak hanya bisa merasakan kembali masakan Indonesia sambil menghibur diri dengan berkaraoke lagu-lagu Indonesia, tapi juga benar-benar merasakan atmosphere dengan hospitality ala Indonesia, dimana mereka bisa ngobrol-ngobrol dengan karyawan serta tamu-tamu lainnya bak di warung kopi Indonesia,” jelas Endah yang juga pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ).

Demi menjaga cita rasa Indonesia pada masakan restorannya, Endah mengatakan disamping didukung para juru masak handal Indonesia, sebagain besar bahan baku Dapkon dikirim langsung dari Indonesia, sebagain lagi didapat di toko-toko Asian Food di Jepang yang telah bersertifikat halal.

Endah mengatakan di resto miliknya itu, semua menu khas nusantara dibandrol dengan harga cukup terjangkau, yakni berkisar ¥.800 atau setara Rp 100 ribu hingga ¥1500 atau Rp 200 ribu.

Pengunjung Dapoer Koneng di Jepang

Meski bercita rasa nusantara, restoran bergaya kasual dengan 25 seat ini tetap mempertahankan meja panjang ala kedai Jepang. Disamping itu terdapat juga beberapa meja yang lebih privasi dan nyaman. So, Dapoer Koneng, benar-benar tempat yang pas buat Anda menyantap hidangan sambil ngobrol atau sekedar bersantai bersama keluarga maupun sahabat. It’s really a fun way to eat Indonesian food! (Cahyo/Ogahdiem.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*