E-Ink Kertas Elektronik Yang Menjadi Kenyataan

E Ink adalah sebuah teknologi tablet yang dapat menggantikan kertas dengan kemampuan menyamai fungsi sebuah kertas atau buku. Membaca suatu tulisan menggunakan media kertas memang jauh lebih nyaman di mata dibandingkan menggunakan media tablet atau smartphone, hal ini yang ditiru oleh e-Ink. Demikian halnya menulis di kertas dengan pensil lebih menyenangkan ketimbang menggoreskan stylus di tablet.

reMarkable, salahsatu e-Ink meniru gadget Kindle Amazon yang mengemulasi layar penampil menjadi terlihat seperti kertas sehingga nyaman untuk mata pengguna. reMarkable menggabungkan dengan teknologi stylus buatan Wacom yang olah dalam software sehingga tablet ini benar-benar layaknya sebuah kertas yang bisa ditulisi dan juga digambar..

Pengguna tidak akan mengalami kesulitan ketika menulis di malam hari sekalipun. Layar e-Ink dilindungi oleh lapisan kaca akrilik permukaan halus namun tahan terhadap goresan. Ditambah pena stylus tanpa baterai membuat pengguna merasakan sentuhan sebuah pena. Walaupun masih menggunakan layar hitam putih, kenyataannya iPad masih belum mampu menandingi kertas replika digital ini.

reMarkable yang mengandalkan baterai 3000mAh menggunakan sistem operasi khusus berbasis Linux yang mampu membuka berkas pdf dan epub.

reMarkable yang memiliki port USB dan Wifi dihargai USD 600 di Amerika dengan menggunakan tenaga prosesor ARM A9 1Ghz RAM 512MB. Memori internal hanya dibekali 8GB mungkin sedikit tertinggal dengan kapasitas smartphone.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*