Gebyar Muharram 1441 H TK IT Al Manar, Pesanggrahan. Begini Kemeriahannya!

Foto: Istimewa

Ogahdiem.com | Gebyar Muharram 1441 Hijriyah bertema “Kami Bangga Jadi Anak Muslim” digelar di lingkungan Yayasan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TK IT) Al Manar yang berlokasi di Jalan Graha II, Bumi Pesanggrahan Mas, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Kamis, 5 September 2019.

Foto: Istimewa, Kolase: Ogahdiem.com

Kemeriahan dalam perayaaan Tahun Baru Islam tersebut semakin lengkap oleh beberapa rangkaian kegiatan mulai dari pentas seni dan budaya tradisional, lomba menggambar serta lomba pembacaan surat pendek Al-Quran serta bazar.

Gelaran yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari itu diikuti oleh ratusan siswa yang terdiri dari para siswa TK IT Al Manar serta siswa-siswa TK lainnya yang tergabung dalam satu Gugus bernama “Gugus Teratai”. Selaku tuan rumah, TK IT Al Manar dipercaya sebagai Ketua Gugus Teratai.

Menurut Sekretaris Yayasan Al Manar Bapak Mugiono, ruang lingkup Yayasan Al Manar Pesanggrahan bergerak di bidang sosial, keagamaan, dan pendidikan. Di bidang keagamaan terdapat Masjid Al Manar. Dibidang pendidikan, Yayasan Al Manar menyelenggarakan pendidikan nonformal berupa Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) yang rutin dilakukan setiap sore hari pukul 16.00 sampai sebelum Magrib. Sedangkan pendidikan formal terdapat TK IT Al Manar yang rutin diadakan pada pagi hingga siang hari dimulai dari hari Senin hingga Jumat.

“Untuk kegiatan TPQ di Al Manar, kami sudah selenggarakan sejak 27 tahun. Kalau TK Al sudah berdiri sejak tahun 2013. Semua kegiatan di bidang pendidikan di Al Manar terbuka untuk umum. Karena tujuan kami adalah memajukan Islam, khususnya di bidang peribadatan dan pendidikan,” kata Bapak Mugiono kepada Ogahdiem.com di sela acara perayaan Gebyar Muharram 1441 H di pelataran Masjid Al Manar, Pesanggrahan.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Al Manar, Ibu Hj. Poppy Artomo menambahkan momen Muharram 1441 H ini merupakan milad ke 27 bagi TPQ Al Manar. Sedangkan, untuk TK IT pertama kalinya. Sebab, kebetulan Kepala Sekolah Al Manar sebagai Ketua dari Gugus Teratai, yang membawahi beberapa TK dan PAUD di wilayah Pesanggrahan.

“TK Al Manar sebagai TK inti. Karenanya pusat kegiatan pada momen Muharram 1441 ini disini (TK Al Manar-red) dibantu oleh sekolah TK-TK yang berada di bawah gugus,” ujar Ibu Poppy.

Ketika ditanyakan adakah rencana Yayasan Al Manar mendirikan satuan pendidikan untuk tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Umum, Poppy mengaku sebenarnya banyak sekali permintaan, khususnya dari para orang tua murid TK untuk mendirikan satuan pendidikan Sekolah Dasar.

“Banyak dari orang tua murid TK disini menginginkan kami (Yayasan Al Manar-red) untuk mendirikan sekolah dasar. Mereka (para orang tua murid TK) ingin tetap dalam satu atap di sekolah yang sama, tapi saat ini kami belum punya lahannya. Insya Allah nanti mungkin akan ada lahan dan mungkin yayasan akan membantu,” jelasnya.

Dia berharap dari momen perayaan 1 Muharram 1441 ini TK IT Al Manar lebih dikenal lagi secara luas. Terlebih kegiatan belajar mengajar di TK IT Al Manar selama enam tahun ini terbilang mumpuni.

“TK IT Al Manar sudah menjalankan proses Akreditasi. Insya Allah, bulan Januari 2020 sudah terlihat hasilnya,” ujar Ibu Poppy.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah TK IT Al Manar, Ibu Nuraini, S.Pd mengatakan selain memberikan pendidikan bagi anak-anak usia dini untuk mengetahui pergantian Tahun Baru Islam, makna yang dapat diambil dari event Muharram ini juga melatih keberanian dan kepercayaan diri anak-anak didik saat tampil di setiap lomba yang diadakan. Berani menunjukkan dirinya sebagai seorang muslim seperti tema peringatan Muharram ini serta terus termotivasi untuk belajar.

“Tak hanya itu, momen Muharam ini juga sebagai wadah untuk kami berinteraksi dengan masyarakat sekitar serta menjalin silaturahim antara guru dengan para orang tua murid,” imbuh Ibu Nur begitu sapaan akrab Ibu Nuraini.

Kegiatan Muharram 1441 H ini, lanjut Ibu Nur sebagai upaya mewujudkan salah satu program dari Yayasan Al Manar, yakni mensiarkan kegiatan-kegiatan Islami untuk beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan maupun di wilayah Tangerang.

“Kegiatan ini juga wujud dari program yayasan yang menginginkan TK IT Al Manar harus lebih dikenal lagi secara luas. Harapan kami, begitu orang bicara TPQ dan TK, yang dikenal AL Manar,” tandas Ibu Nur.

“Kami aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan TK IT Al Manar biak internal maupun eksternal, seperti membantu mengurusi menu sehat yang rutin dilakukan sebulan sekali, menjenguk anak atau wali murid yang sedang sakit, ibu melahirkan dan sebagainya. Apalagi saat perayaan Muharram ini, kami juga aktif terlibat. Intinya, kami akan terus memberikan kontribusi terhadap kegiatan-kegiatan di TK IT Al Manar,” sambung Ibu Lina Marlina dan Ibu Ekky dari Komite TK IT Al Manar. (Penulis: Cahyo Dharmodjo)

Berikut sejumlah momen-momen kemeriahan perayaan 1 Muharram 1441 H di TK IT Al Manar yang sempat diabadikan Ogahdiem.com:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*