Mengenal Power Bank dan Kegunaannya

mengenal power bank

Power bank – dalam bahasa Indonesia disebut Bank daya, walau demikian orang lebih sering mengatakan power bank. Ini adalah perangkat gadget elektronik paling populer menyamai ponsel. Gadget ini merangkai beberapa baterai yang dapat diisi ulang yang kemuadian digunakan untuk menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan untuk menggerakkan perangkat listrik yang membutuhkan energi listrik seperti ponsel yang merupakan salahsatu alasan orang membeli power bank.
Power bank memiliki daya tampung energi sesuai dengan kapasitas baterai yang digunakannya. kemampuan mengalirkan daya listrik tentunya sesuai dengan penggunaannyanya. Setelah muatan energi terkuras kosong, power bank dapat diisi kembali dan digunakan untuk pemakaian berikutnya.
Pada perangkat penghasil energi listrik ini kebanyakan tersedia dengan konektor USB sebagai outlet. Untuk menghubungkannya dengan ponsel (sebagai contoh) cukup menggunakan kabel data USB yang sesuai dengan bentuk soket USB ponsel.

Power bank tidak melulu digunakan untuk mengisi baterai ponsel. Dalam beberapa model, perangkat ini dapat digunakan untuk menggerkkan laptop bahkan menghidupkan kendaraan yang akinya soak.

Kapasitas Power Bank
Power bank yang tersedia dipasaran memiliki kapasitas yang beragam, mulai dari 1000mAh, 1500mAh, 2000mAh, 5000mAh bhkan hingga 18000mAh. Tentunya, besaran kapasitas ini mempengaruhi harga yang harus ditebus pengguna. Semakin besar kapasitas power bank maka semakin lama penggunaannya. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan jika menggunakan kapasitas besar yakni ukuran dimensi serta berat dan waktu isi ulang semakin lama.

Apakah kita membutuhkan Power Bank?
Power bank sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan aktivitas mobile. Jelas, dengan perangkat penyuplai daya ini bisa mengurangi rasa was-was pengguna dari ketersedian suplai listrik dimana mereka berada. Kecanggihan ponsel ternyata malah menguras energi listrik baterai, sehingga umumnya baterai ponsel hanya bertahan hingga 10 jam saja untuk pemakaian intensif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*