Suara Bising Mengurangi Efektivitas Kerja Kantor

Saat ini konsep ruang kerja terbuka sangat digemari oleh pemilik kantor. Salahsatu keuntungan penggunaan ruang kerja terbuka ialah mampu memberikan kemudahan interaksi antar karyawan dan efisiensi penggunaan area menjadi lebih luas.


Mengutip fastcodesign.com berdasarkan penelitian di Finlandia yang telah menguji dampak suaru bising pada beberapa kantor terhadap efektivitas kerja karyawan di kantor cukup mencengangkan. Para karyawan yang diuji melakukan tes ingatan dimana mereka diharuskan mengingat angka di layar dalam urutan yang telah ditentukan dengan skenario ruang dengan perdam suara dan tanpa peredam suara. Hasilnya, karyawan yang bekerja di ruangan sepi mampu mengingat lebih baik ketimbang karyawan yang bekerja di tempat bising.


Jika demikian konsep ruang kerja terbuka menjadi kurang sesuai untuk pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Dari mana suara bising itu berasal? Percakapan antar karyawan ataupun panggilan telepon pribadi. Privasi suara memang sering menjadi keluhan utama bagi pengguna ruang kerja terbuka. Penggunaan partisi kantor tinggi, menengah maupun rendah yang menyematkan material peredam suara dapat memberikan jawaban untuk mengatasi faktor bising tersebut. Demikian juga dinding dan plafon dapat dioptimalkan dengan menambahkan instalasi peradam suara.
Hanya saja penggunaan peredam suara pada konsep ruang terbuka pada partisi tersebut belum dapat meminimalisasi tingkat kebisingan secara efektif, terutama pada percakapan karyawan yang berada disebelah meja kerja. Solusi terbaik adalah perusahaan dapat menyediakan ruang khusus tertutup untuk kebutuhan khusus yang sering menimbulkan kebisingan dengan menggunakan partisi kantor dinding penuh untuk keperluan meeting dan percakapan santai atau menerima telepon pribadi seperti pantry.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*