The phenomenal in Bangka

Pemandangan belatar belakang Danau Kaolin Berwarna Hijau (Foto : Ogahdiem.com)

Ogahdiem.com, Bangka Belitung |Fenomenal dan menakjubkan. Demikian dua kata yang tepat menggambarkan keindahan alam di Bangka Belitung. Suguhan pesona wisata bahari dengan karakterisitik pantai dihiasi bebatuan granit unik serta permukaan pantai yang landai selalu memanjakan panca indera.

Belum lagi, fenomena alam langka dan unik Danau Koalin dalam bentuk kolam air beraneka warna serta lingkungan hijau Bangka Botanical Garden jelas menambah keseruan saat kita menelusuri Provinsi ke-31 Republik Indonesia ini.

Nah, di sela-sela perjalanan sehari ke Bangka Belitung beberapa waktu lalu, Ogahdiem.com mencoba berbagi cerita sekaligus mengajak Anda untuk mengelilingi obyek-obyek wisata terbaik di Kepulauan Bangka Belitung. Berikut diantaranya:

Warna Biru Air Danau Kaolin (Foto : Ogahdiem.com)

-Danau Kaolin
Sebuah fenomena alam langka dan unik dalam bentuk kolam air beraneka warna bisa Anda temukan di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau berjarak lebih kurang 70 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Danau Kaolin, begitu masyarakat setempat menyebutnya.

Danau ini merupakan galian bekas tambang yang setelah bertahun-tahun ditinggalkan dan akhirnya membentuk kolam air beraneka warna.
Warna air yang mencolok dari Danau Kaolin terlihat begitu jelas saat tertimpa terik matahari. Terdapat dua kolam danau yang masing-masing seukuran lapangan bola yag memiliki dua warna berbeda, yakni warna biru dan warna hijau.

Para pengunjung bisa masuk kawasan Danau Kaolin tanpa dipungut biaya. Di Danau Kaolin pengunjung bisa berfoto ria sepuasnya. Namun disarankan saat berada di Danau Kaolin para pengunjung untuk selalu berhati-hati karena tanah bekas galian tambang yang rapuh dikhawatirkan mudah terjadi longsoran.

Pantai Penyabong atau Pantai Batu Lubang di Belitung

-Pantai Penyabong
Pantai Penyabong berada di Kecamatan Membalong, Bangka Belitung. Untuk mencapai Pantai Penyabong kami harus menempuh perjalanan sejauh 70 Km dari Tanjung Pandan. Lebih satu jam perjalanan, kami disuguhi oleh jalan beraspal bagus, di kanan kiri jalan terdapat banyak pepohonan buah-buahan seperti manggis, rambutan dan jambu yang ditanam di depan pekarangan rumah penduduk sekitar, selain itu kebun kelapa sawit juga mendominasi setiap sudut pemandangan.

Sebelum sampai Pantai Penyabong, mata kami terkesima ketika melihat 2 buah batu granit berukuran sangat besar dan menjulang tinggi menyeruak dari balik hutan lebat. Batu itu memiliki nama Batu Beginde.

Dalam sebuah legenda Batu Beginde diceritakan berasal dari potongan Pulau Bali yang hanyut hingga ke Sumatera, yang kemudian berubah menjadi Belitong. Benar atau tidak? Setidaknya menambah kekayaan akan cerita asal usul sebuah nama daerah-daerah di Indonesia.

Akhirnya kami sampai di pantai cantik ini. Tidak ada tiket masuk yang dikenakan kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Saat kami tiba keberadaannya masih sangat sepi. Sepinya pantai ini mungkin karena letaknya yang lumayan jauh dari kota Tanjung Pandan.

Meski lokasinya terpencil, tapi keindahan Pantai Penyabong dengan pasir putih dan bebatuan granitnya sungguh menakjubkan. Terlebih, semilir angin dari pepohonan rindang di bibir pantai begitu menyejukkan.

Pesona Pantai Parai Tenggiri

-Pantai Parai Tenggiri
Terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Pantai Parai Tenggiri memiliki pemandangan yang menakjubkan. Dekorasi alam berupa pasir putih, air pantai berwarna hijau tosca serta bebatuan granit yang tersusun rapi di bibir pantai semakin menambah eksotik tempat ini, terlebih saat matahari terbenam. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Parai Tenggiri, Anda cukup membayar tiket seharga Rp 50 ribu.

Di kawasan wisata ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang, sunbathing, snoorkeling, parasailing, jetsky, dan diving lengkap dengan perahu dan pemandunya. Bagi pehobi memancing, ditempat ini ada penyewaan perahu pancing dengan berbagai alat pancingnya. Pantai ini juga sangat bersih dari polusi udara dan sangat nyaman.

Bagi yang ingin bermalam di Pantai Parai Tenggiri, dapat memilih Parai Beach Resort yang menjadi satu-satunya resort berbintang 4 dengan sederet fasilitas lengkap, seperti restoran, bar, grill, Cafe, kolam renang, Spot dan Leisure.

Bangka Botanical Garden (Kolase/Ogahdiem.com)

-Aneka Hijau di Bangka Botanical Garden
Terletak di kawasan industri Kawasan Katapang, yang berjarak 7 Km dari Bandara Depati Amir, tempat ini terbilang sebuah kawasan terpadu yang mengembangkan sektor peternakan, perikanan, dan perkebunan. Lahan seluas sekitar 200 Ha, yang sebelumnya merupakan tanah gambut diolah menjadi sebuah ekosistem baru dengan pemanfaatan jangka panjang. Nuansa hijau persawahan yang ditanami berbagai jenis palawija manambah asrinya kawasan ini.

Kawasan ini menerapkan zerowaste (tanpa sisa) demi memaksimalkan semua limbah. Semisal, pemanfaatan limbah kotoran sapi yang digunakan menjadi umpan di tambak ikan sebagai medium menghasilkan ekosistem baru seperti lumut dan cacing yang menjadi makanan ikan secara alami.

Itulah sepenggal cerita jurnalis Ogahdiem.com saat mengunjungi berbagai obyek wisata menarik dan menakjubkan di Kepulauan Bangka Belitung. Jadi, tunggu apa lagi. Ayo Kunjungi! (Cahyo/Ogahdiem.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*