Waja Kopi Kuningan, Sensasi Unik Ngopi Di Atas Ketinggian

Pintu masuk kawasan Puncak Waja Kopi Kuningan, Jawa Barat (Kolase/Ogahdiem.com)

Ogahdiem.com | Menyaksikan keindahan alam di malam hari sambil menyerumput secangkir kopi di bukit bernama Puncak Waja Kopi Kuningan disekitaran Gunung Ciremai, Jawa Barat merupakan kenikmatan tersendiri. Jauh diseberang sana tampak geliat Kota Kuningan. Sementara, di kejauhan lampu-lampu rumah penduduk yang menyala menjelma bak kerlip kunang-kunang yang berterbangan. Sungguh pemandangan yang membuat decak kagum!

Puncak Waja Kopi Kuningan bisa dikata salah satu kedai kopi terunik. Selain menawarkan racikan aneka kopi khas lokal yang maknyus, para pengunjung juga disuguhkan oleh pemandangan indah sekaligus sensasi ngopi di ketinggian 1078 meter di atas permukaan laut (mdpl), atau hanya berjarak 2000 mdpl dari Puncak Ciremai yang memiliki tinggi 3078 mdpl yang mengukuhkan dirinya sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.

Jadi buat kamu yang bosan ngopi di dalam ruangan dan ingin merasakan sensasi menyerumput kopi dengan pemandangan alam dari ketinggian sambil berburu foto-foto dengan berbagai spot menarik dan berbeda. Kami Ogahdiem (Ogahdiem.com) ingin berbagi cerita seputar Waja Kopi Kuningan saat liburan di Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah pada medio Juni lalu.

Malam itu, setelah menyusuri dataran tinggi pegunungan Ciremai dari Desa Susukan, Kuningan menggunakan mobil pribadi dengan waktu tempuh 45 menit, tepatnya pukul 21.30 WIB, kami tiba di Puncak Waja Kopi Kuningan yang berlokasi di objek wisata alam Sukageuri View, Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pemandangan alam nan sejuk berselimut kabut tipis dengan suhu malam itu sekitar 14 derajat cilcius pun menyambut kami. Namun, udara dingin itu tak membuat kelu ujung lidah dan pipi kebas.

Tiba di pintu masuk Waja Kopi Kuningan dan ingin menuju lokasi tempat ngopi, kami harus melewati jalan setapak bebatuan yang berundak-undak. Para pengunjung yang sebagian besar kawula muda tampak mengelilingi sebuah meja kayu di perbukitan yang cukup terjal itu. Gelas berisi aneka kopi tersusun rapi dan makanan terlihat berhamburan di atasnya. Beberapa di antara mereka ada yang bersenda gurau, menikmati pemandangan serta asik berswa foto dengan smartphonenya.

“Waja Kopi Kuningan buka setiap hari (24 jam-red). Tapi untuk pemesanan mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB,” ujar salah seorang pelayan Waja Kopi Kuningan kepada Ogahdiem.com.

Ngopi sambil menikmati udara sejuk di Puncak Waja Kopi Kuningan (Ogahdiem.com)

Disini kita akan ditawari berbagai macam kopi lokal asli Kabupaten Kuningan. Sebut saja, Arabika Palutungan yang merupakan salah satu kopi lokal paling favorit di Waja Kopi Kuningan.

Sang pelayan juga menyebut Waja Kopi Kuningan menyediakan berbagai metode seduh kopi manual. Aneka seduhan kopi yang ada, antara lain Vietnam Drip, V60, dan tubruk. Aneka kopi pilihan dari berbagai daerah juga tersedia di sini.

Buat kamu penikmat kopi susu vietnam drip juga tersedia di Waja Kopi Kuningan. Disebut kopi susu vietnam drip sendiri bukan karena kopinya yang berasal dari vietnam, melainkan karena alatnya yang bernama vietnam drip. Kopi vietnam sendiri di waja kopi kuningan disajikan dalam tiga jenis, yakni Kopi Vietnam Hot, Kopi Vietnam Ice, dan Kopi Vietnam Latte.

“Selain kopinya enak, suasananya juga keren di ketinggian. Dijamin bakal ketagihan pokoknya. Jadi langsung merapat aja kesini,” kata Pipin Arfina Hanisthan, salah seorang pengunjung Waja Kopi Kuningan.

Untuk bisa menikmati kopi di Waja Kopi Kuningan, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu untuk satu gelasnya.

Sementara itu, Yuni, seorang pengunjung asal Jakarta, mengaku baru pertama kali merasakan minum kopi di atas ketinggian. Ia bahkan sempat takut ketika menyusuri jalan setapak di Waja Kopi Kuningan.

“Sempet takut juga sih pas jalan kesini. Eh, ternyata mantep juga minum kopi kayak gini. Ngopi sambil hirup udara segar dengan pemandangan indah,” tutur Yuni seraya tersenyum.

Nah, buat kamu pehobi kopi yang hendak pelesiran ke Kuningan, Jawa Barat, mampir ya ke kedai Waja Kopi sembari menikmati panorama Kuningan dari ketinggian. (Cahyo Dharmodjo/Ogahdiem.com)

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*