Yuk Mengenal 7 penyebab Bau Mulut

Seseorang pasti akan tersiksa sedang berbincang dengan lawan bicaranya yang seolah menjaga jarak. Tahukah Anda bahwa bau mulut memang dapat membuat seseorang menjadi kurang pede alias percaya diri dan membuat pergaulan sosial menjadi renggang dan terbatas.
Agar hal terhindar hal tersebut sebaiknya Anda kenali 7 penyebab bau mulut boleh jadi bukan dikarenakan penyakit tetapi hal lain yang perlu dihindari seperti yang disebut oleh Women’s Heatlh

  1. Lapar
    Lapat tidak hanya mengganggu perbincangan nda tetapi berkurangnya produksi air liur dapat menimbulkan bau mulut.
  2. Infeksi mulut
    Bakteri berlebihan di mulut da[t menimbulkan bau mulut biasanya terjadi ketika terjadi infeksi mulut. Demikian halnya jika terdapat karang gigi sebaiknya rutinlah ke dokter gigi.
  3. Konsumsi Obat
    Ketika Anda sedang dalam proses penyembuhan dengan mengkonsumsi obat. Beberapa obat dapat menimbulkan bau mulut akibat dari efek samping xerostomia atau mulut kering seperti pada obat hipertensi, antidepresan dan antihistamin.
  4. Prosedur sikat gigi yang salah
    Sikat gigi yang tegesa-gesa malah menimublkan bau mulut dikarenakan sisa makan tidak sepenuhnya terbilas bahkan malah makin masuk ke dalam sela-sela gigi. Kondisi ini malah mempercepat pertumbuhan bakteri.
  5. Gigi berlubang
    Selain mengganggu, gigi berlubang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang kadang sulit dijangkau sikat gigi. Rutinlah memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi kesayangan Anda.
  6. Gigi geraham yang tidak sempurna
    Gigi geraham yang kurang sempurna menjadi perangkap sisa makanan dan memudahkan bakteri cepat berkembang. Disamping itu, sisa makan merupakan penyebabkan infeksi gigi.
  7. Kebersihan lidah kurang terjaga
    Memang kebanyakan orang lebih mementingkan sikat gigi daripada membersihkan lidah. Padahal lidah juga merupakan tempat yang paling disukai bakteri. Sebenarnya alat pembersih lidah dapat dijumpai pada supermarket maupun apotek.

Jika Anda sudah menemukan penyebab bau mulut oleh salahsatu faktor diatas, maka lakukan tindakan yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*